Penilaian Kinerja Kepala Sekolah Tahun 2022

SMA NEGERI 40 JAKARTA; Penilaian adalah proses pengumpulan, pengolahan, analisis dan interpretasi data sebagai bahan pengambilan keputusan. Sehubungan dengan itu, setiap kegiatan penilaian berujung pada pengambilan keputusan. Penilaian kinerja guru dengan tugas tambahan sebagai kepala sekolah yang selanjutnya disebut penilaian kinerja kepala sekolah merupakan proses pengumpulan, pengolahan, analisis, dan interpretasi data yang sesungguhnya kepala sekolah kerjakan pada setiap indikator pemenuhan standar. Efektivitasnya ditentukan dengan mengukur keberhasilan mencapai target pada tiap indikator dibandingkan dengan target yang ditetapkan dalam program

Dalam keseluruhan peraturan tersebut kepala sekolah wajib menunjukkan kemampuan :

1. Menyusun perencanaan sekolah untuk berbagai tingkatan perencanaan.

2. Memimpin sekolah dalam rangka pendayagunaan sumber daya sekolah  secara optimal.

3. Mengelola perubahan dan pengembangan sekolah menuju organisasi pembelajar yang efektif.

4. Menciptakan budaya dan iklim sekolah yang kondusif dan inovatif bagi pembelajaran peserta didik.

5. Mengelola guru dan staf dalam rangka pendayagunaan sumber daya manusia secara optimal.

6. Mengelola peserta didik dalam rangka penerimaan peserta didik baru, penempatan dan pengembangan kapasitas peserta didik.

7. Mengelola pengembangan kurikulum dan kegiatan pembelajaran sesuai dengan arah dan tujuan pendidikan nasional.

8. Mengelola sumber daya sekolah sesuai dengan prinsip pengelolaan yang efektif, efisien dan akuntabel.

9. Memanfaatkan kemajuan teknologi informasi bagi peningkatan pembelajaran dan manajemen sekolah.

10. Merencanakan program supervisi akademik dalam rangka peningkatan profesionalisme guru.

11. Melaksanakan supervisi akademik terhadap guru dengan menggunakan pendekatan dan teknik supervisi yang tepat.

12. Menindaklanjuti hasil evaluasi program dalam rangka peningkatan pemenuhan standar

Pada hari Jumat tanggal 11 Nopember 2022 Tim Penilai PKKS melakukan penilaian terhadap kinerja dari Kepala Sekolah SMA Negeri 40 Jakarta. Tim penilai tersebut dipimpin langsung oleh Kordinator Pengawas Suku Dinas Pendidikan Jakarta Utara Wilayah 1. Tim Penilai PKKS yang hadir pada saat penilaian tersebut adalah : 

1. Ana Harsiwi, M.Pd

2. Diah Prawita, S.Pd, MM

Para Tim memeriksa dan melakukan koreksi terhadap berkas-berkas dan bukti-bukti fisik yang telah disiapkan oleh Tim Persiapan PKKS SMA Negeri 40 Jakarta. Tim Penilai yang telah dibentuk oleh Kepala Sekolah SMA Negeri 40 Jakarta Ibu Titin Novianti, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan Ibu Nilawati beserta staf Kesiswaan, Wakil Kepala Sekolah Bidang Sarana, Prasarana dan Humas Ibu Sugiamma beserta staf, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum Ibu Hidzrotin beserta staf, Kepala Tata Usaha Ibu Rosma Riris dan tim Tata Usaha, Bendahara SMA Negeri 40 Jakarta Bapak Sutarno.

Diakhir kegiatan penilaian diharapkan bahwa adanya peningkatan penilaian dari tahun sebelumnya dan tetap terus dipertahankan apabila terdapat poin-poin penilaian yang sudah maksimal. Tim Penilai PKKS juga memberikan motivasi dan dukungan penuh terhadap Kepala Sekolah SMA Negeri 40 Jakarta ibu Titin Novianti untuk dapat terus memajukan SMA Negeri 40 Jakarta dari berbagai standar penilaian yang sudah ditetapkan

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *