Gebyar Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila bertema “Kearifan Lokal” Mengusung Topik “Tradisi Budaya Betawi”

Jakarta – Acara Gelar Karya Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di SMAN 40 Jakarta Pada Tanggal 9 Desember 2022 dengan Tema Kearifan Lokal “Tradisi Budaya Betawi”, dibuka oleh Kepala SMAN 40 Jakarta Titin Novianti, S. Pd, M.M

Kurikulum Merdeka adalah kurikulum dengan pembelajaran intrakurikuler yang beragam di mana konten akan lebih optimal agar peserta didik memiliki cukup waktu untuk mendalami konsep dan menguatkan kompetensi. Guru memiliki keleluasaan untuk memilih berbagai perangkat ajar sehingga pembelajaran dapat disesuaikan dengan kebutuhan belajar dan minat peserta didik. Proyek untuk menguatkan pencapaian profil pelajar Pancasila dikembangkan berdasarkan tema tertentu yang ditetapkan oleh pemerintah. Proyek tersebut tidak diarahkan untuk mencapai target capaian pembelajaran tertentu, sehingga tidak terikat pada konten mata pelajaran.

Kepala SMAN 40 Jakarta, Titin Novianti, S. Pd, M.M menuturkan, adanya perkembangan zaman membuat kebudayaan lokal semakin mulai ditinggalkan para generasi muda. Melalui kegiatan P5, peserta didik dilatih untuk lebih kreatif, berpikir kritis dan mencintai budayanya. Peserta didik sebagai generasi muda dituntut menjaga dan mengembangan budaya.

SMAN 40 Jakarta sukses melaksanakan Gelar Karya Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di lapangan sekolah. Mengusung Tema Kearifan Lokal “Tradisi Budaya Betawi”. Acara ini menampilkan drama tentang “pertahankan tanah kite” yang dikombinasikan pentas seni seperti musik, nyanyian, tarian dan seni bela diri budaya betawi yang diikuti seluruh peserta didik SMAN 40 Jakarta.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *